Format Makalah



BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Permasalahan
B. Rumusan dan Pertanyaan
C. Tujuan dan Manfaat Pembahasan
D. Metode Pembahasan
Sebelum pernyataan masalah diuraikan terlebih dahulu latar belakang yang melandasi (1) mengapa masalah tersebut perlu dibahas; (2) bagaimana cara membahasnya, dan (3) untuk apa dibahas. Ketiga hal ini dapat mencakup latar belakang teoretis, yaitu bagaimana kaitannya dengan konsep-konsep atau teori ilmu pengetahuan atau hasil-hasil pembahasan sebelumnya dan latar belakang praktis yang didukung oleh data atau untuk menunjukkan bahwa masalah tersebut penting untuk dibahas.
Dalam pendahuluan juga dikemukakan tujuan dan kegunaan atau manfaat pembahasan. Maksud berisikan tentang hal-hal yang ingin dicapai, tujuan berisi sasaran-sasaran yang dituju oleh pembahasan. Apa yang dimaksud dan apa yang dituju baru dirumuskan secara spesifik dengan urutan yang sesuai dengan keperluannya. Dalam kegunaan pembahasan, uraiannya merupakan suatu harapan bahwa hasil pembahasan akan mempunyai kegunaan baik segi praktis maupun teoretisnya.
Metode pembahasan yang digunakan perlu dilaporkan secara rinci (studi dokumentasi, studi literatur, wawancara, observasi, dan lain-lain). Dilaporkan juga bagaimana rancangan pembahasannya.

BAB II TINJAUAN TEORETIS
Berisikan tentang sejumlah teori dan beberapa hasil temuan pembahasan lain yang jelas dan relevan dengan kajian masalah yang dibahas. Kajian teoretis ini bersifat mereviu hal-hal yang berkaitan dengan masalah yang dibahas sehingga tidak menutup kemungkinan munculnya modifikasi pemikiran tertentu berkenaan dengan kawasan teori berdasarkan masalah yang dibahas.

BAB III ANALISIS
A. Analisis Teoretis
B. Analisis Praktis
Analisis, berisi tentang kajian mendalam atau semacam reviu terhadap pokok-pokok pembahasan yang disajikan dalam bentuk studi kasus, komparasi, korelasi, analogi, atau kekepan (kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman) dengan menggunakan rujukan-rujukan tertentu sesuai dengan apa yang dipaparkan pada bab II di atas.

BAB IV KESIMPULAN DAN REKOMENDASI
A. Kesimpulan
B. Rekomendasi
Kesimpulan, berisi tentang uraian pokok-pokok pembahasan utama yang disajikan dalam bentuk ringkasan berupa kristalisasi hasil langkah III.A-III.B dan dikemukakan pula apakah tujuan pembahasan tercapai serta pertanyaan pembahasan terjawab sesuai dengan apa yang diharapkan atau sebaliknya.
Rekomendasi atas dasar pembahasan yang telah dibuat kristalisasinya ini, disajikan berbagai rekomendasi yang relevan, baik yang bersifat teoretis maupun praktis serta rekomendasi untuk pembahasan lebih lanjut.
REFERENSI (minimal lima buku+3 artikel/jurnal dari internet)

Catatan:
untuk studi kasus dapat berdasarkan penelitian sendiri atau mengambil contoh kasus dari berita/koran dengan mencantumkan sumber
 setiap kelompok membuat bahan presentasi dalam bentuk Power Point
 saat tampil akan diupayakan membawa LCD dan Notebook sebagai media/alat bantu presentasi

Comments

Popular posts from this blog

GURUKU INSPIRASIKU

Guru Idaman Pilihanku

Masalah Pada Perkembangan III