Masalah Pada Perkembangan III



Contoh Kasus  Masalah pada Perkembangan
Every child is special

Disini kami menyampaikan cerita sebuah film yang pernah kami saksikan beberapa waktu yang lalu, memang bukan sebuah kisah nyata yang benar-benar terjadi di daerah sekitar kami, namun cukup memberikan gambaran yang jelas tentang masalah pada proses perkembangan seorang individu. Ketika faktor bawaan sejak lahir menjadi faktor yang memegang peranan penting dalam perkembangan. Film ini berjudul Taare Zameen Par atau dalam bahasa inggris Stars on Earth.













Taare Zameen Par adalah film yang dibintangi serta disutradai oleh Aamir Khan yang diproduksi pada tahun 2007, yang mengusung sebuah nilai: Every Child is Special. Film ini bercerita tentang seorang anak bernama Ishaan Awasthi,  seorang anak usia delapan tahun yang mengalami disleksia (sebuah kondisi ketidakmampuan belajar pada seseorang yang disebabkan oleh kesulitan pada orang tersebut dalam melakukan aktivitas membaca dan menulis), yang mempunyai caranya sendiri dalam memandang sesuatu hal yang biasa dengan imajinasinya menjadi hal yang luar biasa. Tulisan dimatanya menjadi terlihat menari-nari dan menjadi sebuah cerita tersendiri yang unik. Ishaan mempunyai kemampuan melukis yang luar biasa.
Masalah pun timbul, ketika kondisi Ishaan ini tidak diketahui oleh orang-orang disekitarnya, bahkan keluarganya sendiri. Ishaan menjadi dianggap luar biasa nakal dan banyak ulah. Ia sering mendapat nilai merah dalam berbagai pelajaran. Baik guru, tetangga maupun orangtuanya, menganggap Ishaan adalah biang masalah. Sehingga akhirnya sang Ayah mengirim Ishaan ke sebuah sekolah asrama dengan maksud merubah ia agar menjadi lebih disiplin.
Nyatanya, usaha tersebut tidak membuahkan hasil apapun (pada mulanya). Justru, Ishaan semakin depresi dan kehilangan semangat. Bahkan, melukis yang merupakan satu-satunya kesenangan dan kelebihan dari Ishaan, terbawa bersama perasaan negatif itu. Selain karena atmosfir pendidikan sekolah dan karakter guru di sekolah barunya, yang ternyata tak ada bedanya dengan sekolah lamanya, Ishaan yang masih berumur 8 tahun pun dipaksa untuk tinggal jauh dari ibu yang sangat dicintainya.
Guru-guru di sekolah barunya tersebut, menganggap bahwa nilai bagus adalah segalanya. Matematika, sains, bahasa, semua harus sempurna. Sampai akhirnya, datanglah seorang guru seni pengganti yang memiliki pandangan berbeda. Dia adalah Ram Shankar Nikumbh (Aamir Khan) yang juga mengajar di sebuah sekolah khusus. Nikumb-lah, yang kemudian mendeteksi akar permasalahan dari Ishaan, yaitu disleksia. Nikumb berusaha untuk mengembalikan sinar mata Ishaan. Berusaha untuk membantu Ishaan keluar dari masalahnya dengan masuk ke dunianya. Mengajarkan dengan media-media yang Ishaan memiliki ketertarikan terhadapnya. Tidak hanya itu, ia berusaha menyadarkan orang tua Ishaan tentang betapa pentingnya dukungan dan perhatian orang tua terhadap anak, bagaimanapun “special”nya ia.
Usaha Nikumbh pun sukses. Ia berhasil membuat Ishaan menjadi seperti teman-teman seusianya yang lain. Menjadi bisa menulis, membaca, berhitung, bermain dan melakukan aktifitas lainnya. Bahkan Ia bisa membuat orang-orang disekitar Ishaan menyadari potensi besar Ishaan dalam melukis. Ia membuat sebuah kompetisi melukis untuk semua kalangan, termasuk di dalamnya guru-guru di sekolah Ishaan, dengan juri yang berkompeten. Dan seperti yang ia perkirakan, Ishaan menjadi pemenangnya. Akhirnya, keluarga dan semua orang di sekitar Ishaan sadar, dan bahkan bangga terhadap Ishaan. Mereka menyadari bahwa setiap anak mempunyai keistimewaannya tersendiri, tinggal bagaimana orang disekitarnya mengarahkannya sehingga berkembang menjadi sesuatu yang luar biasa.
"Setiap anak memiliki keterampilan yang unik, kemampuan dan impian. Setiap anak, cepat atau lambat mereka semua akan belajar, namun dengan kecepatannya masing-masing.Every child is special."



Masalah :
Tugas-tugas perkembangan bagi anak usia 8 tahun ( usia sekolah) tidak berlangsung baik. Ishaan belum dapat menulis, membaca, berhitung dan melakukan hal-hal lain seperti teman-teman seusianya. Kemampuan sosialisi dalam keluarga, teman, dan orang-orang disekitarnya tidak baik.
Faktor-faktor Penyebab Masalah :
Faktor bawaan ( Disleksia)
Keluarga dan lingkungannya yang tidak mengetahui akar permasalahan perkembangan Ishaan

Solusi dan Saran :
Ishaan diserahkan kepada orang yang tepat, yang mengerti masalah disleksianya dan dapat mengembangkan potensi diri Ishaan.
Memberi pengertian pada keluarga dan lingkungan sekitarnya tentang kespesial-an Ishaan agar memberikan perhatian khusus dan support untuknya.


                                                                                                                Sumber : http://www.taarezameenpar.com/
                                                                                                                                  http://indonesiamengajar.org











Kelompok 5
Pendidikan Biologi B 2012
Universitas Pendidikan Indonesia

Fippy Seftiviawinata                       1203090
Listia Eka Suci S                            1206633
Ruruh Tyas Wening                        1206204
Muhammad Dika Harliadi               1205720
Lisna Kurnia Sari                            1203094

Comments

  1. Tambahan
    Aliran :
    Aliran Konvergensi ( William Sterm )
    dimana faktor bawaan dan lingkungan adalah faktor yang sama penting

    ReplyDelete
  2. Sebuah perjuangan dimana seorang anak mendapat tekanan dari keluarga dan lingkunganya yang tidak mengetahui bahwa dia memiliki penyakit disleksia. Hal ini mengajarkan kita bawha Allah menciptakan kita dengan rencana besar tapi berbeda-beda. Memiliki penyakit bukan berarti tidak bisa apa-apa bahkan kerena dia berjuang dia bisa menjadi lebih baik dari orang lain. Selain itu kita diajarkan harus bisa mengenal orang lain dengan baik. Saranya kepada setiap orang tua harus bisa memahami dan mengenal baik kepribadian anaknya agar jika terjadi sesuatu terhadap anaknya bisa dilakukan penanganan lebih awal.
    Ine Krisnawati
    1203093
    Pendidikan Biologi B

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

GURUKU INSPIRASIKU

Guru Idaman Pilihanku

PENGERTIAN DAN CIRI-CIRI PERKEMBANGAN