Guru Idaman Pilihanku


Nama   : Ditha Ayu Widhasari
Nim     : 1205603
Jurusan Pendidikan Biologi kelas B

Setiap murid pasti memiliki guru idamannya masing-masing. Karakteristik guru idaman setiap murid pastinya berbeda-beda. Ada yang mengidamkan guru yang perhatian, guru yang bijaksana, guru yang penuh selera humor, atau bahkan guru yang disiplin dalam berbagai hal.
Ketika saya kelas 7 SMP, saya pun memiliki guru idaman dalam pikiran saya, yaitu guru yang perhatian, disiplin, adil dan bijaksana. Namun, selama saya berada di kelas 7, saya tidak menemukan sosok guru itu. Begitu pula ketika saya berada di kelas 8, saya tidak menemukan seorang guru yang ideal seperti yang ada dalam pikiran saya. Ketika saya berada di kelas 9, ada seorang guru yang menurut saya sesuai dengan kata ‘ideal’ dalam benak saya saat itu. Beliau bernama Ibu Nia Kurniati. Beliau adalah seorang guru Biologi. Saya selalu antusias dalam mengikuti pelajaran beliau karena beliau mampu menyampaikan materi dengan bahasa yang sederhana sehingga mudah dimengerti oleh murid-murid yang ada di kelas. Metode-metode  pembelajaran yang dilakukan pun bermacam-macam tiap minggunya sehingga membuat kami  tidak merasa bosan di kelas. Bu Nia tak segan-segan memuji murid yang mengerjakan tugas dengan sangat baik, begitu pula dengan murid yang mengerjakan tugas  asal-asalan, beliau pasti menasehati murid tersebut dan memotivasinya supaya murid tersebut tidak mengulanginya di pengerjaan tugas berikutnya. Hal inilah yang membuat saya sangat termotivasi untuk mengerjakan tugas dengan baik. Mungkin hal-hal tadi  yang membuat pelajaran Biologi menjadi pelajaran yang cukup dinanti oleh sebagian besar murid di kelas. Di luar itu semua, sifat keibuan dan kisah hidup beliau membuat saya terinspirasi. Jika saya boleh jujur, Bu Nia lah yang membuat saya senang belajar Biologi hingga saat ini.
Kriteria guru yang ideal menurut saya di masa sekarang adalah:
1.      Guru yang mengetahui karakter setiap muridnya, karena menurut saya dengan mengetahui karakter setiap murid, akan membuat seorang guru mengetahui cara menghadapi muridnya sehingga muridnya merasa nyaman.
2.      Guru yang dapat membuat murid-muridnya bersemangat untuk belajar, hal ini sangat penting bagi seorang guru, karena menurut saya seorang guru harus dapat mendorong muridnya agar dapat belajar sehingga dapat mengembangkan potensi yang dimiliki muridnya secara maksimal.
3.      Guru yang menghargai setiap hasil kerja keras atau karya muridnya, karena dengan menghargai hasil karya murid, maka murid tersebut akan merasa lebih termotivasi lagi untuk memperoleh hasil yang lebih baik lagi di masa depan, dan akhirnya dapat menumbuhkan rasa senang dalam mempelajari materi yang disampaikan.
Sekarang, saya menuntut ilmu di universitas. Bukan seorang guru lagi yang mengajari saya, melainkan seorang dosen. Saya berharap dosen yang mengajar dapat menjadi sumber inspirasi bagi saya dan dapat memberikan saya motivasi untuk belajar dengan sungguh-sungguh.

Comments

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. satu penghargaan buat Ditha yang sudah membuat karangan yang bagus. TOP BGT pokoknya ^^
    Setiap orang memang mengidam-idamkan guru idealnya masing-masing. Tentu berbeda-beda tiap orangnya. Seperti kata Ditha guru ideal adalah guru yang mengetahui dan memahami karakter setiap muridnya, itu memang sangat penting bagi seorang guru. Karena menurut pepatah " Tak kenal maka tak sayang".
    by, Lisna K.S (Pend.BIO kelas: B)

    ReplyDelete
  3. Motivasi seorang murid juga dipengaruhi oleh seorang pendidik, apabila pendidik mengetahui karakteristik peserta didiknya maka pendidik akan memperkuat motivasi yang tertanam pada para peserta didik. Cynthia Ekaputri P (Pend.BIO kls B 1204945)

    ReplyDelete
  4. Dengan memahami karakter siswa , seorang guru dapat menyesuaikan bagaimana ia harus bersikap dan impactnya dapat membuat siswa nyaman atas kehadirannya . Muhammad Dika Harliadi (Pend.Biologi Kelas B 1205720)

    ReplyDelete
  5. karakter yang disebutkan di atas merupakan kriteria kebanyakan murid pada umumnya.oleh karena sudah sepantasnya setiap tenaga pengajar/ guru setidak-tidaknya memenuhi kriteria tersebut. Naelatun Nikmah(Pend. Biologi B 1203091)

    ReplyDelete
  6. satu penghargaan buat Ditha yang sudah membuat karangan yang bagus. TOP BGT pokoknya ^^
    Setiap orang memang mengidam-idamkan guru idealnya masing-masing. Tentu berbeda-beda tiap orangnya. Seperti kata Ditha guru ideal adalah guru yang mengetahui dan memahami karakter setiap muridnya, itu memang sangat penting bagi seorang guru. Karena menurut pepatah " Tak kenal maka tak sayang".
    by, Lisna K.S (Pend.BIO B 1203094)

    ReplyDelete
  7. subhanallah karangan yang menginspiras. Memahami karakter seseorang memang bukan hal yang mudah tetapi makna dan hikmahnya sangatlah luar biasa, apalagi bagi seorang guru suatu amanah besar yang harus dipikulnya. semoga kelak kita bisa menjadi pendidik yang ideal, minimal seperti apa yang menjadi keinginan kita :).

    ReplyDelete
  8. Betul sekali, Seorang guru memiliki andil yang besar terhadap pemahaman murid pada mata pelajaran yang diajarkan. Tak jarang seorang murid menyukai suatu mata pelajaran karena senang terhadap gurunya. Jadi, seorang guru mempunyai peran yang luar biasa pada perkembangan peserta didiknya. (Listia Eka SS, 1206633, pend. Biologi B)

    ReplyDelete
  9. Setiap siswa punya kriteria guru idealnya masing-masing. Dan apa pengalaman Dita serta kriteria yangdiberikannya mewakili apa yang dirasakan dan diinginkan para siswa. Karangan yg keren dithaa :)
    Yanti Nurvitasari (Pend Biologi B 1202548)

    ReplyDelete
  10. Menurut saya, dari karangan saudari Ditha dapat ditangkap bahwa selama ini guru di dunia kependidikan hanya sepersekian persen yang memiliki jiwa-jiwa penyayang kepada murid. Mungkin bisa dikatakan dari 10 guru, hanya 1 yang bisa dikategorikan menjadi guru ideal. Dan dari tulisan ini, saya bisa mengambil kesimpulan, seorang murid dapat mencintai pelajaran jika yang mengajarkannya pun memberikan arti sebuah kecintaan. :)

    Semoga dari tulisan ini, kita sebagai generasi penerus bisa menjadi titik balik, memperbaiki nama guru yang selama ini belum menunjukkan karakter guru yang sebenarnya.


    Dwi Rahmaisyah, pend. Biologi (B)
    1204620

    ReplyDelete
  11. untuk memahami karakter sesorang memang tidak terlalu sulit, akan tetapi untuk memahami bepuluh-puluh orang atau bahkan beratus-ratus orang perlu proses yang lumayan panjang. untuk itu ayo kita mulai memahami diri sendiri, sahabat dan orang-orang di sekitar kita :)

    Ruruh Tyas Wening
    1206204
    Biologi B

    ReplyDelete
  12. cerita di atas lebih di dasarkan kepada pengalaman penulis. Namun tetap menarik dan menginspirasi. Bagaimana kenyamanan seorang murid terhadap gurunya walaupun guru tersebut tidak lagi memberikan ilmunya di kelas, namun murid tersebut tetap menganggap guru tersebut sebagai guru terbaiknya. Insya Allah dengan adanya naskah di atas dapat menambah pengetahuan saya sebagai calon pendidik dan pengajar.
    GINA TRI SONIYANA
    1204603, Pend. Biologi B

    ReplyDelete
  13. kriteria diatas akan terwujud apabila terdapat komunikasi yang bagus antar pengajar dan pendidik. Ajfa Amaliah Fikriyanti (Pend.Bio B 1206216)

    ReplyDelete
  14. kisahnya mirip dengan saya, saat smp saya juga memiliki guru ipa yang menginspirasi dan berkesan bagi saya. saat kelas 7 saya diajarkan ipa oleh beliau dan sekecil apapun yang saya dan siswa lain lakukan pasti diapresiasi sehingga kami semua merasa diperhatikan. saya pun ingin menjadi sosok guru seperti beliau. (salma nursaadah, 1203505 pendidikan biologi B)

    ReplyDelete
  15. Tips-tips yang sungguh luar biasa dan dapat dijadikan contoh bagi kita sebagai calon pendidik. Oleh karena itu, metode-metode mengajar itu sangatlah penting karena dapat mempengaruhi motivasi siswa untuk belajar.. Saya juga ingin menjadi seorang pendidik yang menjadi motivasi bagi siswa-siswanya..
    By Suci Suciawati (Pendidikan Biologi B 1203098)

    ReplyDelete
  16. kisahnya mirip dengan saya, saat smp saya juga memiliki guru ipa yang menginspirasi dan berkesan bagi saya. saat kelas 7 saya diajarkan ipa oleh beliau dan sekecil apapun yang saya dan siswa lain lakukan pasti diapresiasi sehingga kami semua merasa diperhatikan. saya pun ingin menjadi sosok guru seperti beliau. (salma nursaadah, 1203505 pendidikan biologi B)

    ReplyDelete
  17. memang jarang guru yang memuji anak muridnya, hanya terkadang saja bahkan terkadang hanya pada anak kesayangannya. jika kelak nanti kita menjadi seorang guru, hendaknya kita sering memuji apa tindakan anak murid kita walau sekecil apapun, agar mereka dapat merasa nyaman dalam lingkungan kita dan termotivasi dalam segala tindakkannya.
    ni wayan dewi pertiwi 1205762

    ReplyDelete
  18. karangan ditha ini benar sebuah kriteria yang pasti semua murid harap. seorang guru yang bisa memotivasi murid memang sangatlah diperlukan oleh para murid. seorang guru juga memang sepatutnya bisa menjadi inspirasi bagi para muridnya. mudah-mudahan saja para calon guru sekarang ini bisa menjadi seorang motivator dan pendidik yang inspiratif seperti yang murid-muridnya inginkan.

    ReplyDelete
  19. bagus karangannya, tambahan saja bahwa guru juga harus menjadi motivator dan penggerak mimpi-mimpi muridnya. ( Alief Maulana_1205549)

    ReplyDelete
  20. sifat tegas juga semestinya ada pada diri seorang guru ideal, mengapa ?
    karena tidak menutup kemungkinan ada murid yang nakal, susah di atur, kalau nasihatnya tidak di pertegas nasihatnya, murid itu akan terus seperti itu.
    by AM FAJAR(pend.bio kls B 1204813)

    ReplyDelete
  21. semestinya anda tambah bahwa guru ideal itu mempunyai sifat tegas, kalau hanya bisa memberi semangat, mengetahui sifat murid, itu tidak akan merubah sifat murid yang nakal, karena tidak semua murid itu seperti anda.
    by AM FAJAR (pend. bio B 1204813)

    ReplyDelete
  22. ya,, seorang guru memang perlu untuk memahami setiap karakter yang dimiliki oleh setiap siswanya dan hal itu merupakan suatu hal yang sangat memungkinkan agar para siswa bersemangat saat proses blajar-mengajar.

    ReplyDelete
  23. ya,, seorang guru memang perlu untuk memahami setiap karakter yang dimiliki oleh setiap siswanya dan hal itu merupakan suatu hal yang sangat memungkinkan agar para siswa bersemangat saat proses blajar-mengajar.

    ReplyDelete
  24. wow,,,super sangat menginspiratif masukan saja menurut dila seorang guru juga harus Bijaksana, sehingga bisa menjadi guru ideal idaman para murid,, semangat !!!
    by : Nurfadhilah Rahman(Pendidikan Biologi B 1204814)

    ReplyDelete
  25. ya,, seorang guru memang perlu untuk memahami setiap karakter yang dimiliki oleh setiap siswanya dan hal itu merupakan suatu hal yang sangat memungkinkan agar para siswa bersemangat saat proses belajar-mengajar. tapi tidak lupa, seorang guru juga perlu profesional dalam proses pembelajaran.

    BY: Nurfitri Ramdhani, Biologi-B, 1204815

    ReplyDelete
  26. saya sependapat dengan anda, setiap murid pasti mempunyai kriteria guru idaman masing-masing.
    guru yang mau memahami, mengerti dan menghargai muridnya merupakan salah satu contoh kriteria guru idaman,apalagi jika ditambah dengan akhlak yang baik. by Riyan Setyawan (pendidikan biologi B 1204811)

    ReplyDelete
  27. sebagai catatan bagi kita para calon pendidik. apa yang nanti akan kita berikan pada siswa yang akan kita didik kelak, akan berpengaruh pada pikirannya. seperti ditha yang akhirnya menyukai biologi berkat gurunya yang "mengerti" apa yang diinginkan oleh siswanya. Dyah Putri Alifiani (Pend.Bio B 1205674)

    ReplyDelete
  28. Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa guru ideal menurut penulis adalah guru yang dapat memahami karakter setiap muridnya, guru yang dapat memotivasi muridnya agar semangat belajar, dan guru yang dapat menghargai kerja keras para muridnya. Saya sedikit kurang sependapat mengenai guru yang harus memahami karakter setiap muridnya, Karena murid itu tidak hanya satu, dan bukan hal yang mudah untuk memahami karakter setiap murid tersebut, apalagi dalam waktu singkat. Sedangkan sebagai guru mata pelajaran baik itu di SMP maupun di SMA, guru tersebut hanya memiliki waktu yang terbatas untuk berada dikelas dan mengajar para muridnya. Dan guru berada di dalam kelas itu untuk mengajar, maka diutamakan guru tersebut memberikan materi sesuai dengan mata pelajaran yang dikuasainya, untuk memahami karakter setiap siswa, bias saja dilakukan oleh guru pelajaran seperti ini dengan catatan guru tersebut tidak terlalu jauh memahami karakter muridnya karena akan susah untuk melakukannya, kecuali guru tersebut bersungguh-sungguh untuk melakukannya dan yakin bias melakukannya, itu memang jauh lebih baik disbanding tidak memahami karakter muridnya sama sekali.
    Rani S.K (1205785) Pend.Biologi B

    ReplyDelete
  29. Karangan luar biasa :), menginspirasi, subhanallah sekali ya..
    saya setuju, bahwa seorang guru itu memang seharusnya dapat memahami karakteristik peserta didiknya dengan baik agar dapat mengefektifkan kegiatan belajar-mengajarnya untuk kemudian keberhasilan mencetak generasi-generasi muda bangsa yang hebat akan tercapai. :)

    Fippy Seftiviawinata 1203090 (Pend. Biologi B 2012)

    ReplyDelete
  30. bagus euuyyy karangannya
    bener tuh...............
    setiap siswa di sekolah memang menginginkaqn guru yang paham karakter muridnya, menghargai hasil kaarya atau tugasnya, terus dan selalu memberikan semangat kepada siswanya dikala siswa sedang down....
    tapi.....menurut saya guru juga harus menguasai materi yg dia ajarkan, karena pengalaman saya , saya pernah diajarkan oleh guru yg seharusnya ngajar TIK tp malah mengajar matematika, terus mengajarnya jg gk maksimal.......

    ReplyDelete
  31. bagus yahhh karyanyaa....
    isinya bener................memang betuyl setiap siswa mendambakan guru yg ideal sesuai keinginannya ......termasuk sy hehehehe
    tp guru juga harus bisa menguasai materi yg diajarkan soalnya sy pernah diajari mtk sma guru yg bukan guru matematika dan yg diajaarkannya kurang maksimal.................

    ReplyDelete
  32. Mengagumkan  guru memang sangat berperan penting dalam mengembangkan potensi peserta didiknya, tidak jauh berbeda sosok guru ideal menurt saya dengan karangan diatas yaitu mampu memahami sifat dan karakteristik setip muridnya.
    Ine Krisnawati (pend Biologi B 2012)

    ReplyDelete
  33. sip.., karakteristik murid emang wajib kita ketahui dan mengerti,, dengan demikian proses belajar mengajar pun akan menjadi lebih menyenangkan,,.
    fathurrohim (pend. bio B 1205953)

    ReplyDelete
  34. karangan Ditha bagus sekali dan mewakilkan tipe guru ideal siswa,karena siswa itu dan saya juga ingin mempunyai dan bertemu dengan guru yang bisa mengenal baik semua muridnya

    ReplyDelete
  35. karangan Ditha bagus sekali dan mewakilkan tipe guru ideal siswa,karena siswa itu dan saya juga ingin mempunyai dan bertemu dengan guru yang bisa mengenal baik semua muridnya

    ReplyDelete
  36. karangan Ditha bagus sekali dan mewakilkan tipe guru ideal siswa,karena siswa itu dan saya juga ingin mempunyai dan bertemu dengan guru yang bisa mengenal baik semua muridnya

    ReplyDelete
  37. Pendekatan guru kepada siswa memang sangat penting, agar guru dapat mengetahui bagaimana cara mnghadapi setiap siswanya. Dengan demikian, siswa akan lebih mudah termotivasi. (Pend.Bio B 1205914)

    ReplyDelete
  38. Pengalaman telah mengajarkan kita untuk menjadi lebih baik lagi. Begitupun dengan harapan kita tentunya harus jauh lebih baik lagi. Contohnya saja dengan guru ideal, kita menginginkan seorang guru yang lebih baik
    Hani Hariyani P.BIOLOGI B 1203095

    ReplyDelete
  39. Menjadi seorang pendidik memang ga mudah, kita harus selalu mengerti tentang anak didik kita..meskipun kita selalu bersama dengan mereka, belum tentu kita benar-benar mengenal mereka..Tugas seorang guru kurang lebih seperti itu, "memahami" setelah itu barulah kita benar-benar bisa mengenal anak didik kita..
    (Sopi Endah Pertiwi Pend.Bio B 1205162)

    ReplyDelete
  40. Karya yang sangat mengagumkan,
    Seorang guru, memang perlu memiliki sikap seperti yang telah disebutkan,akan tetapi seorang guru juga perlu bersikap profesional dalam pengajarannya,.
    BY:Nurfitri Ramdhani, Biologi_B, 1204815

    ReplyDelete
  41. karangannya bagus! kayaknya dari pengalaman paling diinget tuh..
    menjadi guru yang dapat membangun semangat muridnya itu adalah sebuah tantangan, tapi menurut saya cara yang efektif untuk membangun semangat murid dalam belajar itu adalah dengan membentuk pola pikir murid agar menyukai pelajaran yang kita ajarkan, bukankah ketika kita sudah menyukai sesuatu maka kita akan semangat dalam mengejarnya?? :)

    ReplyDelete
  42. karangan yang bagus! kayaknya itu dari pengalaman yang paling diingat tuh..
    mungkin menjadi seorang guru yang dapat membangun semangat muridnya adalah sebuah tantangan, tapi menurut saya cara yang efektif untuk membangun semangat itu adalah dengan membuat pola pikir murid kita agar menyukai pelajaran yang kita ajarkan. karena bukankah ketika kita sudah menyukai sesuatu maka kita akan semangat dalam mengejarnya?? :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

GURUKU INSPIRASIKU

Masalah Pada Perkembangan III