GURUKU INSPIRASIKU


(TUGAS MATA KULIAH PPD)

Dari umur 3 tahun saya telah diperkenalkan dengan dunia pendidikan. Mulai dari TK, SD, SMP, SMA, Universitas hingga TPA (Taman Pendidikan Al-Quran). Sejak itulah saya mulai bersahabat dengan pensil, pulpen, penghapus, buku-buku, teman, dan tentunya guru.
Guru adalah  peran utama dalam pendidikan. Tanpa seorang guru murid-murid tidak akan membawa ilmu setelah pulang dari sekolahnya, terkecuali bagi murid-murid yang rajin. Tanpa diajari terlebih dahulu, sedikit banyak dia telah memahami materi yang akan disampaikan oleh gurunya esok hari.
Belum genap berusia empat tahun, saya telah disekolahkan di TK Tunas Karya, sebuah taman kanak-kanak yang berada di kabupaten Sukabumi. Ketika itu saya disambut dengan teman-teman yang lucu dan Ibu guru yang sangat ramah, senyumnyapun selalu tersimpul rapih di bibirnya. Guru TK hampir tidak pernah menunjukkan kekesalan, kelelahan, kejengkelan karna mendidik anak murid yang bisa dikatakan masih balita. Mereka selalu menampakkan wajah cerianya kepada para murid, bahkan selalu menghibur murid-muridnya yang tengah menangis. Guru TK tidak pernah marah-marah ketika muridnya tidak mampu menyerap materi yang ia berikan, malah beliau terus berusaha agar muridnya benar-benar menguasai materi yang disampaikannya.
Menginjak usia 6 tahun saya disekolahkan di SD. Kondisi lingkungan sekolah dasar berbeda jauh dengan taman kanak-kanak. Tidak ada ayunan, perosotan, dan wahana permainan lainnya yang terdapat di taman kanak-kanak. Begitu juga dengan kelasnya, tidak banyak gambar-gambar, dan tidak ada hiasan dinding yang lucu-lucu. Wajah guru sekolah dasarpun bervariasi, dari yang ramah seperti guru taman kanak-kanak ada juga yang terlihat kurang bersahabat.
Pada saat saya duduk di kelas satu, karakteristik wali kelas (guru) tidak jauh berbeda dengan guru taman kanak-kanak. Beliau terlihat ramah dan penyabar, meskipun terkadang beliau menunjukkan wajah muram ketika menghadapi murid yang nakal. Beliau mengenal semua peserta didiknya. Beliau pun hapal betul terhadap kemapuan akademik dan non akademik setiap siswanya.
Begitupun pada saat saya duduk di kelas dua dan kelas tiga, karakter wali kelas tidak jauh berbeda dengan guru-guru sebelumnya. Perbedaan karakter guru mulai saya rasakan semenjak saya duduk di bangku SD kelas empat. Pada saat itu guru yang saya jumpai mulai terlihat kurang peduli terhadap muridnya, guru lebih mudah tersinggung dengan tingkah laku murid, bahkan seorang guru pun melakukan penilaian secara subjektif.
Kasus itu pun terjadi pada saat saya mencapai tingkat SMP dan SMA. Bahkan ada seorang guru yang memperolokkan kelemahan yang dimiliki siswanya. Hal itu tentu saja dapat mengganggu perkembangan psikis siswa juga dapat menurunkan motivasi belajar siswa.
Tetapi ada pula seorang guru yang sangat berwibawa, tegas juga cara memiliki cara penyanpaian materi yang inovatif sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Guru yang benar-benar memahami siswanya, mau mendengarkan masalah muridnya baik itu masalah disekolah maupun di luar sekolah adalah guru BK (bimbingan konseling). Terlepas dari tugasnya yang memang untuk menjaga motivasi para siswa perlu diakui bahwa peran guru BK sangat besar. Sulit bagi seorang siswa menemukan karakter guru BK pada guru mata pelajaran biasa.

Sifat yang dimiliki gurupun berbeda-beda. Ada seorang guru yang tidak suka ketika muridnya terlalu “banyak bicara”, tetapi ada juga seorang guru menjadi senang ketika murid dikelas menjadi aktif.
Keadaan yang seperti ini terkadang membuat siswa kehilangan jati dirinya. Misalanya, ketika siswa berhadapan dengan guru yang tidak suka jika muridnya terlalu “banyak bicara” dia akan sebisa mungkin menahan pertanyaan yang sebenarnya ingin ia ungkapkan. Hal ini jelas membuat siswa canggung dalam bersikap di hadapan guru. Begitu juga sebaliknya, seorang guru sering menuntut siswanya untuk fasih dalam menyampaikan pendapatnya secara lisan, padahal ada murid yang kurang pandai menyampaikan secara lisan tetapi lebih pandai lewat tulisan (misal)
Setelah sekian lama saya menjadi seorang siswa, saya mendambakan sosok guru yang menurut saya sangat ideal dalam membimbing siswa-siswanya dengan baik.
Harapan mengenai guru idaman tersebut adalah sebagai berikut :
1.       Tegas
Seorang guru sebaiknya tegas terhadap siswa didiknya agar siswa didiknya dapat belajar kedisiplinan dan sopan santun. Tapi tegas disini bukan berarti guru menjadi lupa akan hak-hak yang dimiliki oleh seorang murid.
2.        Pengertian
Pengertian dalam konteks ini adalah guru harus mengerti dan mengetahui kelebihan dan kekurangan yang dimiliki siswa didiknya. Guru diharapkan dapat membedakan cara menyampaikan materi terhadap siswa yang satu dengan siswa yang lainnya. Sehingga tidak ada siswa yang merasa lebih diuntungkan atau bahkan dirugikan karena cara penyampaian materinya yang tidak cocok dengan kemampuan siswa.
3.       Berwawasan Luas
Disamping disiplin ilmu yang digelutinya seorang guru diharapkan memiliki wawasan yang luas dalam segala bidang. Sehingga seorang guru tidak akan mengalami kesulitan apabila menjawab pertanyaan dari siswa didiknya diluar disiplin ilmu yang dipelajarinya.
4.       Fleksibel
Sangat penting untuk seorang guru memiliki sifat fleksibel. Artinya guru dapat beradaptasi dengan murid. Misalnya, untuk mengajar siswa SD tentu berbeda dengan cara mengajar siswa SMA. Begitu pula dengan adaptasi terhadap situasi. Guru harus pandai membaca situasi, jadi guru tau dimana mereka harus serius, tegas dan santai. Sehingga pembelajaran tidak terkesan monoton.
5.       Berbudi Pekerti Tinggi
Guru merupakan seorang tokoh panutan yang layak ditiru oleh siswanya. Alasan tersebut jelas menuntut seorang guru untuk berprilaku baik dimanapun ia berada dan kepada siapapun. Misalnya, berbicara dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik pun sudah mencerminkan budi pekerti seorang guru.
6.       Kreatif
Maksud dari kreatif disini adalah guru selalu mencari inovasi-inovasi baru dalam penyampaian materi. Guru tidak perlu terus – menerus “menceramahi” siswa didiknya, akan tetapi harus mampu menciptakan terobosan baru dalam mengajar. Seperti membawa siswa didiknya terjun langsung ke lapangan, presentasi, dan lain sebagainya.

7.       Disiplin
Terkadang seorang guru mengabaikan kewajibannya untuk mengajar di sekolah. Sering kali seorang guru datang tidak tepat waktu dengan alasan yang tidak jelas. Bahkan pernah ditemukan seorang guru yang tidak masuk ke kelas padahal dia hadir ke sekolah dan tidak sedang disibukkan dengan suatu apapun. Hal seperti ini jelas merugikan siswa yang ingin beljar dengan sungguh-sungguh. Untuk itu, seorang guru harus memiliki sika disiplin yang tinggi.
8.       Bersikap objektif
Tidak jarang seorang guru membeda-bedakan siswanya hanya karena siswa yang satu adalah keponakannya (misal). Lebih parah lagi bila menyangkut nilai, ini jelas-jelas merugikan siswa lainnya yang berprestasi. Oleh karena itu sikap objektivitas harus dimiliki seorang guru. Di dalam kelas yang membedakan siswa didiknya itu hanya dapat diukur dengan prestasi yang diraihnya. Dan itupun bukan berarti guru bersikap tak acuh kepada murid yang kurang berprestasi. Guru tetap harus merangkul semua siswanya, dari yang pintar sampai yang kurang pintar, dari yang kaya sampai yang miskin, dari yang cantik sampai yang kurang cantik dan dari yang tampan samapai yang kurang tampan.
9.       Murah Senyum
Bagi saya hal ini sangat perlu dimiliki oleh seorang guru. Banyak siswa yang merasa sungkan untuk menanyakan suatu materi yang dirasa kurang jelas kepada guru yang bermuka masam. Murid lebih senang kepada guru yang murah senyum ketimbang yang bermuka masam. Hal ini pun terkadang berpengaruh besar terhadap motivai belajar para siswa. Guru yang ramah dan murah senyum tentu akan lebih dihargai oleh muridnya.

                                                                                                                                Disusun Oleh
                                                                                                                                Ruruh Tyas Wening
                                                                                                                                1206204
                                                                                                                                Biologi B


Comments

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Berbagai karakter bukan hanya dimiliki oleh peserta didik tetapi oleh berbagai pendidik juga, saat ini peserta didik pun dituntut untuk mengenal masing-masing karakter pendidik maka saat proses belajar-mengajar berlangsung pun terdapat timbal-balik yang bagus antara murid dan pendidik serta attitude yang dicerminkan oleh para pendidik merupakan faktor yang penting dari keberlangsungan proses belajar mengajar. Cynthia Ekaputri P (Pend.BIO kls B 1204945)

    ReplyDelete
  3. Untuk menjadi idealis itu memang sulit tetapi dengan usaha sekuat tenaga dan dijalani dengan hati yang ikhlas inshaAllah kriteria yang ruruh paparkan akan bisa kita latih dari sekarang agar kelak kita bisa menjadi guru/dosen yang ideal . Muhammad Dika Harliadi (Pend.Biologi Kelas B 1205720)

    ReplyDelete
  4. penjelasan yang begitu rinci tentang kriteria guru idaman, mengingatkan kita pada masa kanak-kanak tentang bagaimana guru kita begitu penyayang dan murah senyum. Naelatun Nikmah(Pend.Biologi B 1203091)

    ReplyDelete
  5. Keren bangetlah karangannya, lengkap pula, mulai dari kisah masa TK sampai sekarang.
    Setiap murid memang mengidam-idamkan guru yang ideal, namun ingatlah tidak ada manusia yang sempurna. Guru ideal itu relatif, tergantung dari sudut mana kita menilainya.
    Untuk itu, kita sebagai calon guru di masa yang akan datang hendaknya kita bisa menjadi seorang guru yang ideal dan menginspiratif, seperti sosok guru ideal yang ada pada karangan-karangan yang kita buat.
    by, Lisna K.S (Pend.BIO B 1203094)

    ReplyDelete
  6. Karangannya luar biasa, sepertinya keinginan setiap murid di dunia ini sudah terwakili oleh karangan Ruruh, semoga bisa menjadi inspirasi penggugah bagi kita selaku calon guru. agar mampu menjawab semua keinginan murid kita kelak serta layak disebut sebagai guru ideal aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karangan yg luar biasa,,
      seorang guru memang perlu memiliki sifat seperti yang telah di sebutkan, akan tetapi seorang guru juga perlu bersikap profesional dalam pengajarannya,.
      BY:Nurfitri ramdhani, Biologi-B, 1204815

      Delete
  7. Ke sembilan poin diatas memang menggambarkan bagaimana karakteristik guru ideal. Tetapi yang tak boleh kita lupa adalah seorang guru juga manusia yang tak luput dari kekhilafan dan kesalahan. (Listia Eka SS, 1206633, pend. Biologi B)

    ReplyDelete
  8. Kriteria menjadi seorang guru ideal yang cukup banyak dan mewakili kriteria-kriteria lain yang akan sangat panjang bila dipaparkan satu persatu. Karangan Tyas sangat lengkap dan harus menjadi sumber inspirasi terutama kita para calon guru :)
    Yanti Nurvitasari (Pend Biologi B 1202548)

    ReplyDelete
  9. Dari tulisan diatas, terlihat bahwa saudari Ruruh sangat mendalami karakter antara hati seorang murid, dan bagaimana karakteristik guru ideal seharusnya. Tulisan diatas menurut saya sudah mampu mewakili harapan-harapan anak didik untuk mendambakan guru-guru yang tak hanya menjadi seorang guru dalam sebuah status. :)


    Dwi Rahmaisyah, pend. Biologi (B)
    1204620

    ReplyDelete
  10. naskah yang cukup panjang namun tidak kehilangan inti dari pesan yang ingin disampaikan. Terima kasih karena relah menambah moticasi saya untuk menjdi seorang huru terbaik.

    ReplyDelete
  11. menurut saya kriteria guru ideal yang disebutkan diatas sangat mewakili kriteria guru ideal yang dimiliki oleh siswa. Ditha Ayu W 1205603 (pend.Bio B)

    ReplyDelete
  12. pemaparan yang ruruh sampaikan pada karangan ini sangat bagus dan inspiratif. apa yang ruruh sampaikan sangat mewakili apa yang dirasa dan dipikirkan oleh para murid. Semoga dan insya Allah kita sebagai calon guru dapat menjadi kriteria yang telah ruruh sampaikan. Amin Ya Rabbal Alamin. Ajfa Amaliah Fikriyanti (Pend Bio B 1206216)

    ReplyDelete
  13. Amazing.. Itulah hal yang seharusnya dilakukan seorang pendidik yang berkualitas.. Tipsnya sangat membantu sekali.. Ruruh, ini karangan yang hebat..
    By Suci Suciawati (Pendidikan Biologi B 1203098)

    ReplyDelete
  14. karangan yang menarik, saya setuju dengan point-point yang telah disampaikan mengenai Harapan mengenai guru idaman. kisah yang disampaikan pun memang dialami oleh sebagian besar siswa, namun cara penyampaian yang digunakan membuat kita instrospeksi dan memotivasi diri kita ajar menjadi guru idaman yang menginspirasi di masa yang akan datang :). (salma nursaadah 1203505 pendidikan biologi B)

    ReplyDelete
  15. karangan ini seperti sebuah biografi, membahas dari masa kecil ruruh. tapi memang sangat inspiratif dan sangat lengkap. seperti pasti hampir semua anak didik atau murid-murid ingin memiliki sosok guru seperti itu. semoga saja karangan ini dapat menjadi inspirasi para calon guru ^^

    siti endah nurul zanah (pend.bio B 2012) 1205808

    ReplyDelete
  16. penilaian secara individu memang sering terjadi saat ini, terkadang hanya pada murid yang aktif saja guru akan lebih dekat dan perhatian, padahal seluruh murid membutuhkan perhatian yang sama. satu lagi setiap guru hendaknya dekat dan dapat melakukan sharing kepada anak didikanya agar murid tersebut nyaman dan merasa diperhatikan.
    ni wayn dewi pertiwi 1205762

    ReplyDelete
  17. karangan yang anda buat benar-benar bagus, beberapa murid memang mengharapkan sifat tersebut.
    by am fajar(kls b 1204813)

    ReplyDelete
  18. good!!
    karangan yang sangat mengagumkan, seorang guru memang perlu memiliki sifat-sifat seperti yang telah disebutkan. akan tetapi sorang guru juga sebaiknya mengetahui dan menguasai tehnik-tehnik mengajar di kelas sehingga dapat sesuai dengan karakteristik murid yang diajarnya.
    BY:Nurfitri Ramdhani, Biologi-B, 1204815

    ReplyDelete
  19. 1 kata SEMPURNA, walaupun tidak ada sesuatu yang sempurna di dunia ini, tapi menurut saya karangan ini pastas dikatakan sempurna, terima kasih untuk Ruruh, yang telah membuat karangan ini, suatu bacaan yang memiliki nilai yang luar biasa, sebagai pembelajaran kepada kita semua, karena InsaAllah kita akan menjadi seorang pendidik.
    Amiin
    by : Nurfadhilah Rahman (pendidikan Biologi B 1204814)

    ReplyDelete
  20. mungkin akan sangat sulit untuk mencapai kriteria-kriteria diatas sehingga menjadi sosok guru yang ideal. akan sangat luar biasa apabila guru memiliki kriteria tersebut. sungguh karangan yang sangat menginspirasi. semoga kita menjadi bagian dari sosok guru ideal bagi semua orang.

    ReplyDelete
  21. karangan yang mewakili keinginan atau harapan jutaan siswa yang ada di indonesia bahkan dunia, dan sebagai catatan bagi para pendidik dan calon pendidik untuk ke depannya agar pendidikan di masa yang akan datang khususnya di Indonesia lebih baik dari hari ini. Dyah Putri Alifiani (Pend.Bio B 1205674)

    ReplyDelete
  22. (Bingung nih karangannya kepanjangan, jadi susah mengertinya, hehe)
    Ya intinya memang setiap guru ideal yang dipikirkan setiap orang itu berbeda, namun dari sekian banyak pendapat mengenai guru ideal, yang paling umum adalah mengenai sikap “pengertian dan perhatian” seorang guru kepada setiap muridnya. Ya tentu saja, semua memang berawal dari hati dan pemikiran, tergantug sejauh mana guru tersebut memberikan kesan pertama pada para muridnya, jika diawal pertemuan para murid sudah mulai merasa nyaman dengan metode pengajaran guru tersebut, maka si guru haruslah mempertahankan keadaan tersebut, dengan begitu untuk kedepannya pun para murid akan nyaman dengan suasana belajar, dan tidak canggung untuk selalu aktif dikelas, jadikan diri kita sebagai seorang guru yang bias dekat dengan semua murid agar tidak ada jarak antara “guru” dan murid. Sedekat mungkin kita dengan setiap murid namun jangan sampai menghapuskan status kita sebagai seorang guru di hadapan para murid tersebut.
    Rani S.K (1205785) Pend.Biologi B

    ReplyDelete
  23. benerrrr yaaaahhhh kalo gurunbya jarang senyum malessssss belajarnyaaa.,..............
    TOP dahhhh karyanyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

    ReplyDelete
  24. Good job :D lengkap sekali kriteria guru yang ruruh paparkan diatas, kriteria seperti itu mungkin merupakan sosok idaman bagi seluruh peserta didik, sebagai seorang calon pengajar semoga kita mampu berusaha menjadi guru yang inspiratif kreatif dan inovatif.
    Ine Krisnawati (pend Biologi B 2012)

    ReplyDelete
  25. Subhanallah, Karangannya keren (y). Mengingatkan kita bahwa Pendidik maupun peserta didik itu mempuyai karakteristik yang beragam dan unik yang menjadi tantangan tersendiri bagi keduanya untuk mengsukseskan kegiatan belajar mengajar. :)
    Fippy Seftiviawinata 1203090 (Pend. Biologi B 2012)

    ReplyDelete
  26. penjelasannya rinci banget,,, semuanya emang sangat begitu penting dimiliki oleh seorang guru, tentunya ini pasti juga akan menjadi inspirasi-inspirasi bagi orang yang membacanya,,
    fathurrohim (pend. bio B 1205953)

    ReplyDelete
  27. Sangat hebat bisa membuat karangan yang begitu mengesankan
    Hani Hariyani P.BIOLOGI B 1203095

    ReplyDelete
  28. Sangat hebat bisa membuat karangan yang begitu mengesankan
    Hani Hariyani P.BIOLOGI B 1203095

    ReplyDelete
  29. Untuk menjadi seorang guru memang harus mengispirasi, karena dengan menginspirasi dapat mebangkitkan semangat serta motivasi untuk siswanya. (Pend. Bio B 1205914)

    ReplyDelete
  30. Tugas seorang guru memang ga mudah, karena mereka bukan hanya mengajar tetapi juga mendidik, itulah yang sulit..Setiap orang punya kriteria masing-masing tentang guru idaman mereka..Tapi harapan saya, kita semua bisa menjadi guru yang diidamkan oleh anak didik kita..amiiin
    (Sopi Endah Pertiwi Pend.Bio B 1205162)

    ReplyDelete
  31. hem..hem..lengkap banget karangannya..
    Dari kriteria guru yang ditulis ruruh tyas emang udah ideal banget. Tapi satu tambahan dari saya, guru yang baik itu juga guru yang bisa membangun akhlak baik muridnya, artinya dia bisa mengajarkan bahwa belajar itu bukan sekedar mencari nilai, tetapi di dalam belajar juga kita mengalami suatu proses panjang yang harus dilalui dengan sabar dan sungguh-sungguh agar kita jadi manusia yang lebih baik. segitu aja mungkin :)
    Muntaha habibatu Rahma 1206534 pend.biologi B

    ReplyDelete
  32. karangan Ruruh panjang sekali dibanding dengan karangan teman yang lain :D
    aku setuju dengan point yg ruruh sampaikan tetapi tidak perlu semua point harus tercapai apalagi point yang menunjukan bukan karakter kita tapi kita juga sebagai calon guru dan dosen seharusnya melatih diri kita dari sekarang agar kita bisa mencapai guru ideal yang telah kita tulis

    ReplyDelete
  33. karangan Ruruh lebih panjang dan banyak dibanding karangan teman lainnya :D
    saya setuju dengan semua point yang ruruh sampaikan terutama tentang guru yang seharusnya murah senyum karena senyum itu menunjukan pribadi seseorang apalagi jika baru pertama bertemu dan guru datang dengan senyum kesannya lebih baik di pikiran siswa
    Fathonah Nur Azizah
    Biologi B
    1203092

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Guru Idaman Pilihanku

Masalah Pada Perkembangan III