Permasalahan pada Tahap perkembangan IV


Permasalahan yang kelompok kami ambil adalah masalah perkembangan dua bersaudara laki-laki, sebut saja aa dan dede. Aa berumur 3 tahun, dan dede berumur 8 bulan. Aa memiliki masalah dalam perkembangan bicara, padahal 3 tahun itu seharusnya sudah bisa bicara, namun aa belum. Ketika masuk TK pun aa tetapi masih susah bicara, aa dapat bermain dengan anak-anak yang lain seperti biasa, hanya saja susah untuk aa dapat mengikuti yang diajarkan gurunya. Pergi ke TK pun aa selalu susah, semaunya aa aja, datang dan pulang terserah aa, pakai seragampun aa juga tidak mau sesuai yang diperintahkan TK. Kalau permintaan si aa tidak dituruti aa akan nangis seharian, dan nangisnya itu susah berhenti, walaupun sudah di bujuk tetap saja tidak mau menuruti orang tuanya bahkan nenek, bibi dan kakak sepupunya. Kalau masalah dede, seharusnya usia 8 bulan itu sudah bisa berpegangan pada dinding untuk belajar berdiri, tetapi dede belum bisa, lalu dede juga terlihat lemas sekali, ibarat kata seperti suka melamun, di ajak main jarang sekali merespon, dede lebih memilih diam, dan jarang sekali tertawa ketika diajak main oleh saudara yang lain. Berbicara soal gizi, asupan gizi yang diberikan sejak lahir sampai sekarang juga bagus, tubuh aa dan dede juga termasuk gemuk. Tetapi sebelum lahir kandungan ibu aa dan dede termasuk lemah, seringnya keluar masuk rumah sakit, tidak tau ini termasuk faktor yang berpengaruh pada perkembangan aa dan dede atau tidak. Dilihat dari segi keturunan keluarga dari ayah juga tidak ada yang telat berbicara sampai 2 tahun lebih seperti itu, tapi tidak tau kalau dari keturunan keluarga ibu mereka.
Penyebab:
Sampai saat ini kami masih belum mengetahui penyebab dari prilaku aa dan dede. Diperkirakan karena penyebab obat-obatan yang dikonsumsi oleh ibunya pada saat mengandung. Atau terdapat saudara atau kekek nenek buyutnya yang juga mengalami hal yang sama.
Aliran :
Aliran netivisme, karena dimungkinkan dari keturunan dan masalah obat-obatan.
Tugas perkembangan yang terganggu :
Anak prasekolah, seharusnya pada saat ini aa dan dede mempunyai tugas untuk belajar berbicara dan berjalan.
Pemecahan masalah:
Menurut kami aa dan dede di bawa ke psikiater dan dokter khusus untuk menangani hal tersebut.
 Kelompok 6
Cynthia Ekaputri 1204945                              Ajfa Amaliah Fikriyanti 1206216
Ni Wayan Dewi Pertiwi 1205762                   Nurfadhilah Rahman 1204814
Muntaha Habibatu Rahma 1206534














Comments

  1. Setelah membaca dan memahami tentang kasus yang diambil oleh kelompok 6, saya berkesimpulan bahwa si Aa sepertinya mengalami penyakit autis. Penyakit bawaan yang diderita si anak dengan ciri-ciri umum persis sama dengan apa yang dipaparkan oleh kelompok 6.
    Biasanya, penyakit autis ini bisa disebabkan karena kesalahan makanan atau aktivitas si Ibu ketika sedang mengandung si anak.

    Tetapi alangkah lebih baik apabila aa dan dde itu dibawa ke dokter spesialis anak terlebih dahulu. Setelah mengetahui apa yang terjadi pada diri mereka, jika memang psikisnya yang terganggu, barulah kita bawa mereka ke psikiater anak untuk memeriksa apa yang salah dari kedua anak ini. :)


    Dwi Rahmaisyah
    Pend. Biologi (B)
    1204620

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

GURUKU INSPIRASIKU

Guru Idaman Pilihanku

Masalah Pada Perkembangan III